BERITA

Tindak Lanjut Hasil Pengawasan

2023-11-27 07:15:00

Halo, Sobat SIAP! Kali ini, kita akan membahas Tindak Lanjut Hasil Pengawasan. Apakah Anda tahu apa itu pengawasan internal? Pengawasan internal adalah seluruh proses kegiatan audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lain terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi. Tujuannya adalah memberikan keyakinan yang memadai bahwa kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan tolok ukur yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien untuk kepentingan pimpinan dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Nah, setelah menerima laporan hasil pemeriksaan, apa yang harus dilakukan oleh entitas yang diperiksa? Apakah ada sanksi jika tidak menindaklanjuti hasil pemeriksaan? Yuk, simak penjelasannya di post berikut! Jangan lupa untuk menyukai, berkomentar, dan membagikan post ini ya!

Teks dalam Gambar:

TINDAK LANJUT HASIL PENGAWASAN

Pengertian Laporan Hasil Pengawasan

Laporan hasil pengawasan (LHP) adalah laporan yang memuat seluruh hasil pengawasan berupa data temuan, simpulan hasil pengawasan, dan saran/rekomendasi yang bersifat formal, lengkap, dan final setelah ditanggapi pimpinan unit/instansi yang diperiksa.

Pengertian Tindak Lanjut Hasil Pengawasan

Tindak lanjut hasil pengawasan (TLHP) adalah tindakan yang dilakukan oleh auditi dalam rangka melaksanakan saran atau rekomendasi hasil pengawasan fungsional. TLHP berupa jawaban/penjelasan atas pelaksanaan tindak lanjut dengan melampirkan dokumen pendukung. Lembaga pengawas baik BPK maupun APIP berkewajiban memantau TLHP fungsional oleh pemerintah yang menjadi auditi sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan standar audit yang berlaku.

Waktu Pelaksanaan Tindak Lanjut

Tindak lanjut harus dilakukan oleh entitas yang diperiksa dalam batas waktu yang telah ditetapkan oleh lembaga pengawas. Waktu pelaksanaan tindak lanjut berbeda-beda tergantung pada lembaga pengawas yang mengeluarkan LHP. Berikut adalah waktu pelaksanaan tindak lanjut untuk masing-masing lembaga pengawas:

TLHP:
  • BPK: 60 hari setelah LHP diterima
  • BPKP/ITJEN/Inspektorat: 30 hari setelah LHP diterima

Sanksi Bagi yang Tidak Melakukan Tindak Lanjut

Pejabat yang tidak melakukan kewajiban untuk melaksanakan TLHP fungsional dalam batas waktu yang telah ditetapkan dikenakan sanksi administratif sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku di bidang kepegawaian. Setiap orang atau pejabat yang tidak memenuhi kewajiban untuk menindak lanjuti rekomendasi BPK dipidana sesuai dengan Pasal 26 ayat (2) UU No. 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.

Kesimpulan

LHP dan TLHP adalah dua hal yang penting dalam proses pengawasan fungsional. LHP adalah laporan yang memuat hasil pengawasan secara formal, lengkap, dan final. TLHP adalah tindakan yang dilakukan oleh auditi untuk melaksanakan saran atau rekomendasi hasil pengawasan. Lembaga pengawas berkewajiban memantau TLHP fungsional oleh pemerintah yang menjadi auditi. Tindak lanjut harus dilakukan dalam batas waktu yang telah ditetapkan oleh lembaga pengawas. Pejabat yang tidak melakukan tindak lanjut akan dikenakan sanksi administratif atau pidana sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

=====

Follow dan Update Informasi penting dari Akun Resmi Inspektorat Kabupaten Kediri

Facebook : @inspektoratkabkediri
Instagram : @inspektoratkabkediri
Web : inspektorat.kedirikab.go.id
Youtube : Inspektorat Kab Kediri

=====

#PengawasanInternal
#TindakLanjutHasilPemeriksaan
#TataKelolaPemerintahan
#SobatSIAP
#SIAP
#Sinergitas
#Integritas
#Adaptif
#Profesional
#InspektoratSIAP
#KediriBerbudaya
#Masecahcah
#MasDhito
#DhitoPramono
#BupatiKediri
#KabupatenKediri
#PemkabKediri
#InspektoratKabupatenKediri
#ASNberAkhlak
#BanggaMelayaniBangsa
#love
#instagood
#trending
#happy
#viral
HUBUNGI KAMI
  • Alamat Kantor:
    • Jl. Soekarno-Hatta No.1 Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur 64182

  • Telepon
    • (0354) 687038

  • Email
    • inspektorat@kedirikab.go.id
    • inspektoratkedirikab@gmail.com