Hallo sobat SIAP, kali ini kita akan bersama-sama belajar tentang reformasi birokrasi atau yang biasa disebut RB. Tentang apa dan bagaimana melaksanakan RB, hingga termasuk manfaat dari pelaksanaan RB itu sendiri. Yuk kita simak Bersama
Teks dalam gambar:
REFORMASI BIROKRASI
PENGERTIAN DAN TUJUAN
Reformasi Birokrasi (RB) dimaknai sebagai perubahan besar dalam paradigma dan tata kelola pemerintahan, dilakukan dengan menata ulang proses birokrasi dari tingkat tertinggi hingga terendah, merevisi dan membangun berbagai regulasi, menyesuaikan tugas fungsi instansi pemerintah dengan paradigma dan peran baru, serta melakukan terobosan baru dengan langkah-langkah bertahap, konkret, realistis, dan sungguh-sungguh
Tujuan RB "Menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional dengan karakteristik, berintegrasi, berkinerja tinggi, bebas dan bersih KKN, mampu melayani publik, netral, sejahtera, berdedikasi, dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara"
GRAND DESIGN REFORMASI BIROKRASI
Jenis Reviu Dokumen Perencanaan Pembangunan Dan Penganggaran:
- 2014
RULE BASED BUREAUCRACY
Birokrasi cenderung kaku dan berorientasi pada aturan
- 2019
PERFORMANCE BASED BUREAUCRACY
Birokrasi berorientasi hasil, manajemen kinerja diterapkan, dan didukung SPBE
- 2024
DYNAMIC GOVERNANCE
Birokrasi semakin efektif, efisien, dan bersih dengan ciri agile dan adaptif sehingga setara dengan birokrasi kelas dunia
VISI
TERWUJUDNYA PEMERINTAHAN BERKELAS DUNIA
- Pemerintahan yang bebas KKN
- Profesional
- Memberikan pelayanan prima
ARAH KEBIJAKAN REFORMASI BIROKRASI
- Permasalahan Hilir
RB Tematik
Mempercepat pelaksanaan agenda pembangunan nasional
Pilihan Tema Tematik:
- Penanggulangan Kemiskinan
- Peningkatan Investasi
- Digitalisasi Pemerintahan
- Pengendalian Inflasi
- Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN)
- Permasalahan Hulu
RB General
Memperbaiki manajemen internal seluruh instansi pemerintah
Sasaran:
- Tata kelola pemerintahan digital yang lincah, kolaboratif dan akuntabel
- Budaya birokrasi berakhlak dengan ASN yang profesional
TAHAPAN PEMBANGUNAN RB (K/L/D)
RB GENERAL
- Penetapan Prioritas Kegiatan Utama
- Penetapan Target Kegiatan Utama
- Penyusunan Rencana Aksi
- Pelaksanaan Rencana Aksi
- Monitoring dan Evaluasi
RB TEMATIK
- Memilih Tema
- Identifikasi Masalah
- Penetapan Kinerja (log frame)
- Penyusunan Rencana Aksi
- Pelaksanaan Rencana Aksi
- Monitoring dan Evaluasi
PERAN INSPEKTORAT DALAM REFORMASI BIROKRASI
Inspektorat selaku APIP berperan sebagai evaluator internal dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi. Evaluasi yang diselenggarakan adalah:
-
Evaluasi Tahap Perencanaan (ex-ante)
APIP melaksanakan evaluasi terhadap dokumen Road Map Reformasi Birokrasi beserta dokumen Rencana Aksi, baik RB General maupun RB Tematik.
-
Evaluasi Tahap Pelaksanaan (on-going)
APIP melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan rencana aksi beserta capaian target yang terealisasi.
=====
Follow dan Update Informasi penting dari Akun Resmi Inspektorat Kabupaten Kediri
Facebook : @inspektoratkabkediri
Instagram : @inspektoratkabkediri
Web : inspektorat.kedirikab.go.id
Youtube : Inspektorat Kab Kediri
=====
#RB
#Reformasi
#Birokrasi
#ReformasiBirokrasi
#2023
#SobatSIAP
#SIAP
#Sinergitas
#Integritas
#Adaptif
#Profesional
#InspektoratSIAP
#KediriBerbudaya
#PulihLebihCepat
#BangkitLebihKuat
#GotongRoyongIndonesiaUntukDunia
#Masecahcah
#MasDhito
#DhitoPramono
#BupatiKediri
#KabupatenKediri
#PemkabKediri
#InspektoratKabupatenKediri
#ASNberAkhlak
#BanggaMelayaniBangsa
#love
#instagood
#trending
#happy
#viral