BERITA

Reformasi Birokrasi

2023-10-02 07:15:00

Hallo sobat SIAP, kali ini kita akan bersama-sama belajar tentang reformasi birokrasi atau yang biasa disebut RB. Tentang apa dan bagaimana melaksanakan RB, hingga termasuk manfaat dari pelaksanaan RB itu sendiri. Yuk kita simak Bersama

Teks dalam gambar:

REFORMASI BIROKRASI

PENGERTIAN DAN TUJUAN

Reformasi Birokrasi (RB) dimaknai sebagai perubahan besar dalam paradigma dan tata kelola pemerintahan, dilakukan dengan menata ulang proses birokrasi dari tingkat tertinggi hingga terendah, merevisi dan membangun berbagai regulasi, menyesuaikan tugas fungsi instansi pemerintah dengan paradigma dan peran baru, serta melakukan terobosan baru dengan langkah-langkah bertahap, konkret, realistis, dan sungguh-sungguh

Tujuan RB "Menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional dengan karakteristik, berintegrasi, berkinerja tinggi, bebas dan bersih KKN, mampu melayani publik, netral, sejahtera, berdedikasi, dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara"

GRAND DESIGN REFORMASI BIROKRASI

Jenis Reviu Dokumen Perencanaan Pembangunan Dan Penganggaran:

  1. 2014
    RULE BASED BUREAUCRACY
    Birokrasi cenderung kaku dan berorientasi pada aturan
  2. 2019
    PERFORMANCE BASED BUREAUCRACY
    Birokrasi berorientasi hasil, manajemen kinerja diterapkan, dan didukung SPBE
  3. 2024
    DYNAMIC GOVERNANCE
    Birokrasi semakin efektif, efisien, dan bersih dengan ciri agile dan adaptif sehingga setara dengan birokrasi kelas dunia

VISI

TERWUJUDNYA PEMERINTAHAN BERKELAS DUNIA
  • Pemerintahan yang bebas KKN
  • Profesional
  • Memberikan pelayanan prima

ARAH KEBIJAKAN REFORMASI BIROKRASI

  • Permasalahan Hilir
    RB Tematik
    Mempercepat pelaksanaan agenda pembangunan nasional
    Pilihan Tema Tematik:
    • Penanggulangan Kemiskinan
    • Peningkatan Investasi
    • Digitalisasi Pemerintahan
    • Pengendalian Inflasi
    • Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN)
  • Permasalahan Hulu
    RB General
    Memperbaiki manajemen internal seluruh instansi pemerintah
    Sasaran:
    • Tata kelola pemerintahan digital yang lincah, kolaboratif dan akuntabel
    • Budaya birokrasi berakhlak dengan ASN yang profesional

TAHAPAN PEMBANGUNAN RB (K/L/D)

RB GENERAL
  1. Penetapan Prioritas Kegiatan Utama
  2. Penetapan Target Kegiatan Utama
  3. Penyusunan Rencana Aksi
  4. Pelaksanaan Rencana Aksi
  5. Monitoring dan Evaluasi
RB TEMATIK
  1. Memilih Tema
  2. Identifikasi Masalah
  3. Penetapan Kinerja (log frame)
  4. Penyusunan Rencana Aksi
  5. Pelaksanaan Rencana Aksi
  6. Monitoring dan Evaluasi

PERAN INSPEKTORAT DALAM REFORMASI BIROKRASI

Inspektorat selaku APIP berperan sebagai evaluator internal dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi. Evaluasi yang diselenggarakan adalah:
  • Evaluasi Tahap Perencanaan (ex-ante)
    APIP melaksanakan evaluasi terhadap dokumen Road Map Reformasi Birokrasi beserta dokumen Rencana Aksi, baik RB General maupun RB Tematik.
  • Evaluasi Tahap Pelaksanaan (on-going)
    APIP melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan rencana aksi beserta capaian target yang terealisasi.
=====

Follow dan Update Informasi penting dari Akun Resmi Inspektorat Kabupaten Kediri

Facebook : @inspektoratkabkediri
Instagram : @inspektoratkabkediri
Web : inspektorat.kedirikab.go.id
Youtube : Inspektorat Kab Kediri

=====

#RB
#Reformasi
#Birokrasi
#ReformasiBirokrasi
#2023
#SobatSIAP
#SIAP
#Sinergitas
#Integritas
#Adaptif
#Profesional
#InspektoratSIAP
#KediriBerbudaya
#PulihLebihCepat
#BangkitLebihKuat
#GotongRoyongIndonesiaUntukDunia
#Masecahcah
#MasDhito
#DhitoPramono
#BupatiKediri
#KabupatenKediri
#PemkabKediri
#InspektoratKabupatenKediri
#ASNberAkhlak
#BanggaMelayaniBangsa
#love
#instagood
#trending
#happy
#viral
HUBUNGI KAMI
  • Alamat Kantor:
    • Jl. Soekarno-Hatta No.1 Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur 64182

  • Telepon
    • (0354) 687038

  • Email
    • inspektorat@kedirikab.go.id | inspektoratkedirikab@gmail.com