BERITA

HARI PEREMPUAN SEDUNIA 2023

2023-03-08 07:15:00

HARI PEREMPUAN SEDUNIA 2023: DIGITALL: INOVASI DAN TEKNOLOGI UNTUK KESETARAAN GENDER


Pada tanggal 8 Maret 2023, dunia akan memperingati Hari Perempuan Sedunia atau International Women’s Day (IWD) yang merupakan perayaan global terhadap pencapaian sosial, ekonomi, budaya, dan politik para perempuan di seluruh dunia. IWD juga merupakan ajakan untuk berbuat dan mempercepat terwujudnya kesetaraan gender.

Tema peringatan IWD 2023 adalah “DigitALL: Innovation and technology for gender equality” atau “DigitALL: Inovasi dan teknologi untuk kesetaraan gender”. Tema tersebut akan berfokus pada peran teknologi dan pendidikan digital secara global bagi kaum perempuan.

Menurut situs UN Women, tujuan dari tema tersebut adalah untuk memperjuangkan hak perempuan dan anak perempuan dalam kemajuan bidang teknologi transformatif dan pendidikan digital. Tema peringatan tahun ini diharapkan mampu menciptakan kemajuan teknologi digital yang membuka pintu baru bagi pemberdayaan perempuan dan anak perempuan di seluruh dunia.

Teknologi digital memiliki potensi besar untuk meningkatkan akses, keterampilan, peluang, dan partisipasi perempuan dalam berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik, budaya, dan lingkungan. Teknologi digital juga dapat menjadi alat untuk melawan diskriminasi, kekerasan, stereotip gender yang masih menghambat kesetaraan gender.

Namun demikian, masih ada tantangan yang harus diatasi agar teknologi digital dapat memberikan manfaat yang merata bagi semua orang tanpa membedakan jenis kelamin. Beberapa tantangan tersebut antara lain:
  • Ketimpangan akses internet antara laki-laki dan perempuan
  • Kurangnya representasi dan partisipasi perempuan dalam bidang STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics)
  • Kurangnya perlindungan data pribadi dan keamanan siber bagi pengguna wanita
  • Kurangnya konten digital yang inklusif dan sensitif gender
  • Kurangnya kesadaran tentang hak-hak digital bagi perempuan
Untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut diperlukan kerjasama antara pemerintah, sektor swasta, organisasi masyarakat sipil, media, akademisi, dan komunitas pengguna internet. Diperlukan juga advokasi, edukasi, dan kampanye untuk meningkatkan literasi digital bagi perempuan dan anak perempuan serta mendorong mereka untuk menjadi pembuat, pengembang, dan pemimpin dalam bidang teknologi digital.

Salah satu cara untuk memperingati Hari Perempuan Sedunia 2023 adalah dengan melakukan pose #EmbraceEquity atau #RangkulKesetaraan. Pose ini menunjukkan bahwa kita semua dapat menolak adanya stereotip gender, diskriminasi, serta mengusahakan inklusi melalui aktivisme secara kolektif yang menciptakan perubahan.

Selain itu, kita juga dapat menyampaikan kata-kata inspiratif tentang hari perempuan sedunia 2023 sebagai bentuk dukungan kepada para pejuang kesetaraan gender di seluruh dunia. Beberapa contoh kata-kata inspiratif tersebut antara lain:
  • “Perjuangan kita tidak bisa ditunda lagi. Kita harus percaya bahwa kita layak mendapatkan lebih dari apa yang ada sekarang.” - Malala Yousafzai
  • “Saya tidak ingin menjadi seorang pemimpin wanita. Saya ingin menjadi seorang pemimpin yang kebetulan wanita.” - Sheryl Sandberg
  • “Kesetaraan bukanlah sebuah konsep. Ini bukan sesuatu yang kita harus berjuang untuk itu. Ini adalah hak asasi manusia.” - Emma Watson
  • “Saya tidak ingin menjadi suara bagi perempuan tanpa suara. Saya ingin memberdayakan mereka untuk mengangkat suara mereka sendiri.” - Malini Chib
  • “Teknologi adalah alat yang dapat membantu kita menciptakan dunia yang lebih baik bagi semua orang. Kita harus memastikan bahwa perempuan dan anak perempuan memiliki akses dan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi tersebut.” - Melinda Gates
Dengan memperingati Hari Perempuan Sedunia 2023 dengan tema DigitALL: Inovasi dan teknologi untuk kesetaraan gender, kita dapat mengapresiasi kontribusi perempuan dalam bidang teknologi digital serta mendorong partisipasi mereka yang lebih besar lagi. Kita juga dapat menyuarakan aspirasi dan harapan kita agar kesetaraan gender dapat terwujud di seluruh dunia.

========================================

Follow dan Update Informasi penting dari Akun Resmi Inspektorat Kabupaten Kediri

Facebook : @inspektoratkabkediri
Instagram : @inspektoratkabkediri
Web : inspektorat.kedirikab.go.id
Youtube : Inspektorat Kab Kediri

========================================

#EmbraceEquity
#RangkulKesetaraan
#IWD2023
#HariPerempuanInternasional
#HariPerempuanInternasional2023
#PulihLebihCepat
#BangkitLebihKuat
#GotongRoyongIndonesiaUntukDunia
#Masecahcah
#MasDhito
#DhitoPramono
#BupatiKediri
#KabupatenKediri
#PemkabKediri
#InspektoratKabupatenKediri
#ASNberAkhlak
#BanggaMelayaniBangsa
HUBUNGI KAMI
  • Alamat Kantor:
    • Jl. Soekarno-Hatta No.1 Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur 64182

  • Telepon
    • (0354) 687038

  • Email
    • inspektorat@kedirikab.go.id
    • inspektoratkedirikab@gmail.com