BERITA

HARI GIZI NASIONAL 2023

2023-02-28 07:15:00

PROTEIN HEWANI CEGAH STUNTING


Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengusung tema "Protein Hewani Cegah Stunting" untuk memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) ke-63 tahun 2023 yang jatuh pada tanggal 28 Februari. Tema ini dipilih untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya asupan protein hewani dalam mencegah stunting pada anak.

Stunting adalah kondisi di mana anak mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan akibat kurangnya asupan gizi seimbang sejak dalam kandungan hingga usia dua tahun. Menurut Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022, prevalensi stunting di Indonesia masih tinggi, yaitu sekitar 21,6%. Padahal, stunting dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental anak di masa depan.

Salah satu cara untuk mencegah stunting adalah dengan memberikan asupan protein hewani yang cukup kepada ibu hamil dan menyusui serta anak usia dini. Protein hewani adalah protein yang berasal dari sumber pangan hewani seperti daging, telur, susu, ikan dan produk olahannya. Protein hewani memiliki kandungan zat gizi yang lengkap dan berkualitas tinggi, seperti asam amino esensial, zat besi, vitamin B12 dan vitamin A.

Plt. Direktur Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Kemenkes Ni Made Diah mengatakan bahwa protein hewani sangat penting untuk mendukung pertumbuhan sel-sel otak dan tubuh anak serta meningkatkan daya tahan tubuhnya. “Anak yang mendapatkan asupan protein hewani secara rutin akan memiliki kemampuan belajar yang lebih baik, prestasi akademik yang lebih tinggi dan potensi ekonomi yang lebih besar di masa depan,” ujarnya.

Untuk itu, Kemenkes mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk melakukan aksi bersama dalam mencegah stunting melalui pemenuhan gizi seimbang pada anak dengan slogan “Protein Hewani Setiap Makan” dan “Isi Piringku Kaya Protein Hewani”. Diharapkan dengan adanya peringatan HGN tahun ini dapat menjadi momentum untuk membangkitkan semangat nasional dalam menciptakan generasi emas Indonesia.

========================================

Follow dan Update Informasi penting dari Akun Resmi Inspektorat Kabupaten Kediri

Facebook : @inspektoratkabkediri
Instagram : @inspektoratkabkediri
Web : inspektorat.kedirikab.go.id
Youtube : Inspektorat Kab Kediri

========================================

#Gizi
#GiziSeimbang
#Protein
#ProteinHewani
#Stunting
#CegahStunting
#HGN
#HGN2023
#HariGiziNasional
#HariGiziNasional2023
#PulihLebihCepat
#BangkitLebihKuat
#GotongRoyongIndonesiaUntukDunia
#Masecahcah
#MasDhito
#DhitoPramono
#BupatiKediri
#KabupatenKediri
#PemkabKediri
#InspektoratKabupatenKediri
#ASNberAkhlak
#BanggaMelayaniBangsa
HUBUNGI KAMI
  • Alamat Kantor:
    • Jl. Soekarno-Hatta No.1 Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur 64182

  • Telepon
    • (0354) 687038

  • Email
    • inspektorat@kedirikab.go.id
    • inspektoratkedirikab@gmail.com